Rabu, 24 Mei 2017

Motivasi dan Emosi

Hallo pembaca setia, kita bertemu lagi dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Motivasi dan Emosi", tentu kalian sudah tidak sabar bukan hahaha? yaa sudah mari kita simak pembahasan berikut ini.

Emosi
Menurut William James (dalam wedge, 1995), emosi adalah “kecenderungan untuk memiliki perasaan yang  khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya”. Crow & Crow (1962) mengartikan emosi sebagai suatu keadaan yang bergejolak pada diri individu ynag berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan individu.

Pengertian lain emosi adalah perasaan yang bergejolak, yang seakan-akan menggetarkan dan menggerakkan seseorang, sehingga nampak dari luar. Misalnya orang yang sedang mengalami emosi marah, tampak mukanya berwarna merah padam, bibir bergetar, mata bersinar tajam tangan mengepal-ngepal dan sebagainya. Sering juga diikuti dengansuara yang keras, caci maki, tindakan-tindakan kasar dan bentuk yang lain.

Motivasi
Motivasi adalah sebuah ucapan yang bisa mendorong dan memberi semangat, segala sesuatu yang bisa bemberikan dorongan serta semangat kepada orang lain sehingga membuat dia mau untuk melakukan hal yang lebih baik dengan kemauannya sendiri tanpa adanya paksaan dalam bentuk apapun.

Mempengaruhi pada emosi seseorang,bahkan motivasi bisa dikatakan sebagai jalan utama alat yang kuat untuk mendongkrak emosi seseorang untuk menjadi lebih baik.Motivasi merupakan dorongan untuk membangun rasa dalam diri,membangun kekuatan untuk melakukan hal yang khas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Merupakan proses untuk mendorong diri.

Jadi motivasi itu bukan berupa kata-kata saja,akan tetapi juga bisa berupa tulisan,gambar atau apapun.Yang paling utama bahwa sesuatu yang bisa dikatakan sebagai motivasi adalah segala sesuatu yang bisa memberikan semangat. Berasal dari faktor eksternal juga internal,seperti dicontohkan dengen rasa lapar,kebutuhan untuk makan,jika tidak memperolah makanan maka tidak akan mampu untuk bertahan hidup,tubuh akan dilengkapi dengan tanda-tanda bahaya yang bekerja bilamana tubuh memerlukan makanan. Kegiatan-kegiatan “berakal” yang merupakan unsur alasan paling penting yang dimiliki manusia yang diyakini serta diarahkan oleh dorongan rasa lapar,dalam arti,rasa lapar itu akan merangsang kegiatan sampai makanan menghentikan tanda-tanda bahaya tersebut.

Contoh Kasus
Tian seorang anak remaja yang berprestasi dalam pelajaran akademik dimana selama duduk di bangku sekolah dia selalu dapat gelar juara kelas bahkan ketika Tian duduk di kursi kuliah dirinya mendapat beasiswa dan IPK-nya hampir sempurna, sedangkan Fajar teman Tian dia hanya mendapat IPK yang biasa saja, karena Fajar memang kurang dalam dunia akademik namun Fajar selalu mengasah kemampuannya dibidang bulu tangkis hingga pada 6 Tahun kemudian Fajar dapat juara dunia dibidang bulu tangkis dan mengharumkan nama negaranya.


Kesimpulan
Dari keseluruhan uraian pengertian, contoh, dan semuanya yang berkaitan dengan emosi dan motivasi dapat diambil kesimpulan bahwa emosi sangatlah dipengaruhi oleh motivasi untuk membangun potensi yang ada pada dirinya,situasi yang ada dalam dirinya dan lingkungan sekitarnya. Aspek tersebut sangat mempengaruhi perbuatan dan tingkah laku yang dia kerjakan seorang individu.

1 komentar:

  1. Baccarat Rules - Wilfredo - The Grui
    › bet-types › bet-types Baccarat rules for beginners. Baccarat rules for the most popular card game. The highest standard. This is the first 바카라 사이트 온라인 바카라 game to be played by a

    BalasHapus